Aplikasi Analisa Laporan Keuangan

Analisa laporan keuangan merupakan bagian yang penting dalam mengevaluasi kondisi suatu perusahaan. Bagi perusahaan terbuka, laporan keuangan merupakan parameter bagi para investor atau pemegang saham untuk mengevaluasi nilai saham yang dimiliki.

Aplikasi analisa laporan keuangan merupakan aplikasi yang akan membantu merekap laporan keuangan dengan berbagai format menjadi tabel dan grafik rasio keuangan yang siap untuk dianalisa lebih lanjut.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk merekap data laporan keuangan, yaitu laporan laba rugi dan neraca, hingga periode lima tahun. Bisa digunakan untuk semua jenis usaha, dari perusahaan jasa

Jika Anda mempunyai laporan laba rugi dan neraca yang dihasilkan dari aplikasi keuangan yang lain atau hasil membuat sendiri, maka Anda tinggal mengcopy paste hasilnya ke dalam aplikasi ini untuk mendapatkan tabel dan grafik rasio keuangan secara otomatis.

Rasio Keuangan yang akan dihitung secara otomatis adalah :

LIQUIDITY RATIOS

Rasio ini merupakan parameter untuk menghitung kemampuan perusahaan dalam menguangkan atau menyerahkan asetnya jika perusahaan diharuskan membayar hutang yang dimiliki perusahaan. Terjemahan dalam bahasa Indonesia adalah rasio Likuiditas. Dan bahasa umumnya adalah untuk mengukur seberapa likuid aset perusahaan jika digunakan untuk membayar utang-utang jangka pendek atau utang yang mempunyai periode pelunasan kurang dari satu tahun.

  1. Current Ratio
  2. Cash Ratio
  3. Quick Ratio
  4. Net Working Capital Ratio

SOLVENCY RATIOS

Solvency Ratio hampir mirip dengan Liquidity Ratio, hanya saja rasio ini lebih ditujukan terhadap kewajiban jangka panjang perusahaan seperti hutang-hutang bank.

  1. Debt Ratio
  2. Debt to Equity Ratio
  3. Equity Ratio
  4. Interest Coverage Ratio

ACTIVITY RATIOS

Dari parameter-parameter yang diukur, terlihat bahwa rasio ini lebih cocok untuk perusahaan dagang atau manufaktur karena melibatkan aset lancar berupa persediaan.

  1. Working Capital Turnover
  2. Inventory Turnover
  3. Assets Turnover
  4. Receivable Turnover

PROFITABILITY RATIOS

Parameter rasio berikut dijadikan patokan untuk menentukan tingkat keuntungan perusahaan, jadi angka-angka yang diukur sebagian besar berdasarkan angka-angka yang ada dalam laporan laba rugi.

  1. Net Profit Margin
  2. Gross Profit Margin
  3. Operating Margin
  4. Return on Assets (ROA)
  5. Return on Equity (ROE)
  6. Basic Earning Power Ratio

Penamaan rasio yang ada dalam aplikasi ini berbahasa Inggris. Silakan diterjemahkan ke dalam istilah bahasa Indonesia jika diperlukan.

Tabel Rasio Keuangan

Grafik Rasio Keuangan

APLIKASI INI TIDAK DIPROTEKSI. BISA DIEDIT SENDIRI SESUAI KEBUTUHAN

Dengan aplikasi ini, teman-teman dapat secara cepat menghitung rasio keuangan dari setiap jenis perusahaan dan melakukan analisa berdasarkan rasio yang dihasilkan dengan cepat.

Selain itu, aplikasi ini tidak diproteksi. Bisa dikembangkan oleh teman-teman untuk disesuaikan dengan kebutuhan analisa, seperti menambahkan rasio dan formula baru, menambah worksheet baru untuk diisi informasi internal perusahaan dan lain-lain.

Hubungi Kami untuk mendapatkan harga promo untuk produk ini.

Open chat
Hi,

Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by