Aplikasi Akuntansi untuk Belajar Akuntansi sambil Bekerja

Aplikasi ini merupakan spreadsheet/program SIAP PAKAI yang dirancang berdasarkan pelajaran teori akuntansi yang didapat di sekolah akuntansi. Di dalam spreadsheet ini, alur pencatatan transaksi dari awal pencatatan di jurnal hingga penutupan tahun fiskal ditampilkan secara jelas dan berurutan. Selain itu, setiap worksheet yang ada sudah dilengkapi formula yang akan sangat membantu mereka yang menginginkan spreadsheet dengan gambaran siklus akuntansi yang jelas dengan formula untuk perhitungan dan rekap secara otomatis.

Apa kelebihan spreadsheet ini?

Spreadsheet ini dirancang dengan mengikuti alur siklus akuntansi. Terdapat panel di halaman depan dengan disain alur siklus akuntansi dengan tombol yang langsung bisa diklik untuk menuju worksheet yang dituju.

Menu Utama Spreadsheet Siklus Akuntansi

Apakah spreadsheet ini hanya untuk belajar saja?

Tidak. Spreadsheet ini juga bisa digunakan untuk mencatat transaksi keuangan dan membuat laporan keuangan perusahaan. Cocok untuk perusahaan skala UMKM dengan jumlah transaksi yang tidak terlalu rumit.

Apakah boleh dimodifikasi?

Silakan

Apakah laporannya bisa dipakai untuk analisa?

Tentu saja bisa.

Apakah mudah penggunaannya?

Selama anda sudah paham Excel maka anda tidak akan kesulitan dalam penggunaannya. Anda hanya tinggal menggunakan spreadsheet ini untuk berlatih soal akuntansi, memperdalam ilmu akuntansi atau mengerjakan pencatatan transaksi perusahaan sesuai ilmu akuntansi yang anda pelajari.

Bisa dijelaskan sedikit cara penggunaannya?

Cara penggunaannya adalah sesuai urutan siklus akuntansi untuk setiap pencatatan transaksi hingga sampai selesai pembuatan laporan dalam satu siklus. Kalau digunakan harian, mungkin akan terfokus di bagian jurnal saja, karena penyesuaian dan rekap biasanya dilakukan di akhir bulan.

Setup :

  • Memasukkan nama perusahaan
  • Menyesuaikan kode akun (sudah disiapkan kode akun yang umum, bisa dirubah atau ditambah sesuai kebutuhan). Tentukan juga lajur posting utamanya, debit atau kredit, serta posisi akun di laporan keuangan.
  • Menyesuaikan kode akun pembantu

Pencatatan Transaksi ke dalam Jurnal:

Mencatat dan menggolongkan transaksi sesuai kode akun dengan sistem berpasangan. Disediakan jurnal umum dan khusus untuk keperluan ini.

Pengecekan Rekap Buku Besar dan Buku Besar Pembantu:

Buku Besar dan Buku Besar Pembantu berfungsi sebagai worksheet untuk melakukan pengecekan terhadap data yang dimasukkan ke dalam jurnal. Kalau proses manual, Neraca Saldo akan mengambil data rekap dari buku besar, tetapi dalam spreadsheet ini sudah dibuat formula yang akan merekap data di jurnal secara otomatis untuk dimasukkan ke dalam Neraca Saldo tanpa harus melalui buku besar.

Menyiapkan Neraca Lajur

Pilih kode akun yang akan ditampilkan di neraca saldo. Saldo akan direkap secara otomatis.

Penyesuaian Neraca Saldo

Saldo setiap akun akan secara otomatis direkap di neraca saldo sebelum penyesuaian. Tinggal dilakukan penyesuaian agar saldo di neraca saldo setelah penyesuaian sesuai aturan perhitungan menurut kaidah akuntansi.

Pembuatan Laporan

Terdapat 4 laporan keuangan yang bisa dihasilkan. Dimulai dari laporan Laba Rugi dimana anda hanya perlu memilih kode akun untuk memunculkan nama akun berikut saldonya secara otomatis. Format sudah disesuaikan dengan format standar akuntansi. Lakukan hal yang sama untuk menyiapkan laporan Neraca, Arus Kas dan Perubahan Modal.

Khusus untuk Laporan Arus Kas, disediakan 2 format yaitu format Langsung dan Tidak Langsung.

Tutup Buku

Untuk menutup satu periode fiskal, yang biasanya satu tahun, pencatatan di spreadsheet ini bisa ditutup dengan menggunakan jurnal penutup.

Saldo akhir akan muncul di worksheet kode akun dan bisa dicopy ke spreadsheet baru untuk pencatatan transaksi tahun berikutnya.

Saat ini tersedia tiga jenis aplikasi siklus akuntansi untuk perusahaan jasa, dagang dan manufaktur yang bisa digunakan dgn Microsoft Excel dan Google Sheets.

1
Hallo,
Ada yang bisa saya bantu?
Powered by